Sunday, June 6, 2010

FORUM DISKUSI ONGKOSS, 7 Juni 2010

Forum diskusi fotografi Omong Kosong Sore-sore/ONGKOSS, yang diselenggarakan tiap bulan, mengundang teman-teman pelaku, pencinta dan penikmat fotografi, untuk bisa hadir pada diskusi santei:

Hari/tanggal
Senin, 7 Juni 2010

Waktu
Pkl. 15.30 WIB s/d 16.30 WIB

Tempat
Jalan Pandu dalam I Nomor 42 (masuk dari jalan Pandu) Bandung
Rumah tinggal Dedy H. Siswandi

Wacana diskusi
“CARA HEBAT MENJADI PLAGIAT”
Kegiatan menjiplak karya selalu ada, baik itu dalam wacana seni lukis, musik maupun fotografi. Dalam media visual ini sangatlah labil, sangat rentan terhadap “pencurian” bentuk dan gagasan. Terbukti dengan lolosnya pemenang juara pertama pada penyelenggaraan lomba foto “Access to Health, yang diselenggarakan oleh IPC 2010 BINUS Jakarta. Dalam lomba foto ini, karya Sutanta Aditya Lubis mendapatkan juara pertama untuk kategori umum. Persoalannya, dengan sadar ia “menjiplak” disinyalir sama dengan karya pewarta foto James Nachtwey. Motif apa sebenarnya yang terjadi? Inikah cermin fotografi sesungguhnya di Indonesia?

Bisa dilihat di:
http://6ix2o9ine.blogspot.com/2010/05/plagiat.html
http://pixelet.multiply.com/photos/album/22/ACCESS_TO_HEALTH_The_winner_of_IPC_2010-General_Category

Dalam diskusi ini akan menghadirkan Dedy H. Siswandi, juga memiliki pengalaman yang sama, dengan karyanya “The Swimmer” pada ajang Salon Foto Indonesia beberapa tahun yang lalu. Apa pengalamannya? Mari kita nikmati bersama pada diskusi Omong Kosong Sore-sore episode pertama ini.

Forum diskusi ONGKOSS
Forum yang lahir tanpa bidan ini, terbentuk begitu saja. Hadir karena merasa perlu ada suatu dialog yang turut mengupas persoalan-persoalan seputar fotografi dengan cerdas.

Info: 081322393930 denisugandi@gmail.com

No comments:

Post a Comment